Saturday, March 15, 2014

Jenis-jenis investasi yang harus diwaspadai dan klarifikasi terhadap Doddy Partnership



Ditengah kesibukan saya dalam sebulan terakhir ini, saya menemukan 1 situs menarik yaitu situs HowMoneyIndonesia.com. Di dalam situs ini ternyata diulas beberapa konsep-konsep dan investasi yang menawarkan iming-iming cukup tinggi dan resiko yang cukup besar.

Berikut ini daftar artikel dalam situs HowMoneyIndonesia.com yang layak untuk dibaca.

BossVenture
Beberapa poin penting yang saya dapatkan dalam analisa ini adalah:

  1. Perusahaan ini didirikan dikepulauan yang sangat kecil di samudera Pasifik yang bernama Samoa. Mengapa perusahaan yang berskala global didirikan ditengah lautan luas? Alasan utamanya adalah Samoa merupakan negara tax heaven yang memberikan pajak rendah bagi perusahaan-perusahaan asing. 
  2. Sangat disayangkan perusahaan tersebut berusaha untuk berkelit membayar pajak di negaranya sendiri. Bandingkan dengan Astra Internasional yang visinya adalah "menjadi aset bangsa". Astra bangga memberikan lapangan pekerjaan bagi bangsa dan membayar pajak bagi negara.
  3. Terkait legalitas, berdasarkan surat keputusan BKPM (Badan Kordinasi Penanaman Modal), disebutkan bahwa PT BossVenture menjalankan usaha "portal web" serta "konsultasi manajemen bisnis". PT BossVenture sendiri bukan merupakan perusahaan investasi dan tidak memiliki izin dari OJK. Namun sangat disayangkan berdasarkan informasi dari Investor Relation Unit BKPM, BossVenture ini menyimpang dari ijin awal dikarenakan menghimpun dana dari masyarakat. Menurut pendapat saya, apabila dari niatan awal saja sudah buruk, bagaimana dengan kelanjutannya.
  4. Beberapa analisa mengenai konsep bisnisnya dapat dilihat lebih jelas diweb.


MMM Indonesia

  1. Dalam artikel diatas dikatakan jelas-jelas bahwa pada tahun 1994, MMM memulai usaha pyramid scheme atau ponzi. Di masa itu MMM memberikan imbal janji 1000%. Namun bisnisnya tetap berjalan karena di Rusia usaha pyramid scheme adalah usaha yang legal. Sayangnya July 1994 MMM ditutup karena pengelakan pajak. MMM juga berutang antara 50 Milyar - 100 Triliun Rubel (mata uang Rusia) kepada para investornya yang membuat setidaknya 50 orang investor bunuh diri karena uangnya hangus. MMM kemungkinan dinyatakan bangkrut pada September 1997.
  2. Setelah dipenjara dari 2003-2007, Mavrodi sang pendiri MMM tidak kapok-kapoknya menghidupkan kembali MMM dengan nama MMM-2011. MMM diluncurkan di India tahun 2011 dan beberapa bulan belakangan MMM Indonesia beroperasi. Lucunya, MMM tetap dapat beroperasi di negara-negara berkembang karena negara-negara maju jelas-jelas menetapkan pyramid scheme seperti ini adalah bisnis terlarang dan ilegal.
  3. MMM bukanlah investasi, bukan juga bisnis, bukan juga perusahaan, namun merupakan money game. MMM sendiri sudah me-warning bahwa pyramid scheme ini memiliki risk yang tinggi akan kehilangan uang pada webnya. Kenapa membernya masih berani coba-coba? Sayangnya informasi yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Atau sama seperti bungkus rokok, ada peringatan bahaya kematian tapi pura-pura tidak melihat.

Beberapa analisa bagus dari website ini adalah:


Saya berasumsi yang mendasari akan semua ini adalah keserakahan akan uang dan keuntungan sekejab. Seandainya tau pun, mereka berasumsi bahwa money game akan menguntungkan bagi member-member ditahun-tahun awal. Tindakan ini tidak ada bedanya dengan berjudi. Jika Anda memang ingin berjudi, pergilah ke Las Vegas atau Makau, setidaknya Anda dapat makanan dan minuman gratis! (NB: Joke)



Doddy Partnership
Lalu bagaimana dengan Doddy Partnership?

Saya tidak memiliki badan resmi dan izin OJK untuk menghimpun dana masyarakat. Untuk itulah saya mengakui kesalahan saya karena menawarkan jasa berinvestasi secara umum karena murni ketidaktahuan saya. Saya mengklarifikasi untuk tidak menerima anggota baru secara umum apalagi yang tidak kenal. Doddy Partnership akan dibuka untuk umum apabila ada ijin resmi dari OJK maupun badan hukum lainnya (seperti koperasi, dst).

Hasil investasi dan portofolio Doddy Partnership nantinya akan tetap ditampilkan setiap kuartal sebagai pembelajaran bagi saya sendiri dan teman-teman yang lain dalam berinvestasi secara value investing.


No comments:

Post a Comment