Wednesday, January 8, 2014

Ketika Warren Buffett bangun di pagi hari

Berdasarkan data terakhir, perusahaan investasi milik investor saham ternama dunia, Warren Buffett, yaitu Berkshire Hathaway menghasilkan profit tahunan sebesar $12 Milyar. Berkshire Hathaway sendiri merupakan kendaraan investasi yang dulunya merupakan perusahaan tekstil yang hampir bangkrut. Buffett membeli Berkshire Hathaway pada tahun 1960an di harga yang super murah $7-$18. Perlahan demi perlahan Buffett memutarkan uang cash dan laba dari perusahaan tekstil ini untuk membeli perusahaan-perusahaan lainnya seperti Gillette, Coca-Cola, American Express, Wells Fargo, Heinz ketchup, dan perusahaan-perusahaan asuransi. Sekarang, harga Berkshire Hathaway sudah lebih dari $170.000, dengan total return investasi lebih dari satu juta persen!

Lebih lanjut lagi, ketika Warren Buffett bangun di pagi hari, suka atau tidak ini kenyataan yang akan Buffett temui:
  1. Dengan ⅓ porsi saham dari keseluruhan perusahaan yang dimilikinya, Buffett berhak menerima uang sebesar $4 Milyar setiap tahunnya. Kalau kita kurskan ke rupiah, $4 Milyar sama dengan Rp. 50 Trilyun. Sebagai perbandingan, keluarga Hartono yang merupakan orang terkaya di Indonesia “hanya” memiliki total kekayaan sebesar Rp. 180 Trilyun. Uang tersebut didapatkan penjualan-penjualan produk dari perusahaan-perusahaan terkenal yang dibeli Buffett. Siapa yang tidak tahu Coca-Cola? Pria manakah yang tidak mencukur janggutnya menggunakan pisau cukur Gillette?  Bagi pecinta keju, sulit untuk memilih brand lain selain Kraft. Belum termasuk puluhan bisnis perusahaan-perusahaan lainnya mulai dari ensiklopedia, permen coklat, furnitur, sampai dengan persewaan jet pribadi. Ini belum termasuk dari dividen yang cukup besar yang diterima perusahaan Buffett dari Coca-Cola, American Express, IBM, dan Wells Fargo.
  2. Hal ini berarti ketika Buffett bangun di pagi hari, ia akan tahu bahwa ia akan mencetak uang sebesar $333 juta pada bulan tersebut. Setara dengan 4 Trilyun rupiah, setara dengan lebih dari 2 kali lipat harga total perusahaan sepatu terkenal indonesia, sepatu bata Tbk.
  3. Lebih lanjut lagi, ia mencetak 130 Milyar rupiah setiap hari dengan hanya bangun di pagi hari.
  4. Dalam kondisi apapun, baik bangun maupun tidur, Buffett mencetak 5.5 Milyar rupiah setiap jamnya.

Sungguh pencapaian yang luar biasa, bukan! Lalu, apa yang bisa membuat Buffett menjadi seperti ini? Berikut fakta-fakta yang membuat Buffett bisa meraih pencapaian seperti ini.
  1. Berinvestasi sejak dini. Buffett pertama kali membeli saham pertamanya saat berumur 11 tahun!
  2. Belajar dan terus belajar. Investasi tapi tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana berinvestasi akan merugikan. Berapa banyak orang-orang yang rakus ingin menjadi kaya dalam waktu singkat berakhir dengan kerugian (baca: beli saham BUMI pada tahun 2008). Konon, Buffett menghabiskan waktu 8-10 jam sehari untuk membaca dan belajar!
  3. Memiliki gaya hidup hemat. Buffett hidup di rumah yang dibelinya lebih dari 5 dekade lalu. Buffett tidak punya supir, tidak punya jet pribadi, bahkan tidak punya mobil mewah.


dnacapital.blogspot.com
Kehidupan Warren Buffett yang sangat sederhana.



Bagaimana berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip Warren Buffett? Nantikan artikel-artikel selanjutnya.


No comments:

Post a Comment