Monday, February 17, 2014

[Humour] Pretty Girl, Rich Investor

Pretty Girl (foto diambil dari www.edwinsetiawan.com)
Rich Investor (CEO JP Morgan)

Value investing tidak hanya diaplikasikan dalam pasar modal saja, tapi juga dapat diaplikasikan dalam memilih pasangan hidup. 

Alkisah, ada seorang gadis muda dan cantik memposting tulisan pada sebuah forum terkenal:

Judul: Apa yang harus saya lakukan untuk menikahi seorang pria kaya?

Saya akan jujur terhadap apa yang akan saya katakan disini. Saya berusia 25 tahun. Saya sangat cantik, memiliki gaya dan cita rasa yang tinggi. Saya berharap untuk menikahi seseorang dengan penghasilan tahunan minimal $500 ribu (Rp. 6 Milyar). Anda mungkin berkata bahwa saya materialistis, tapi penghasilan tahunan $1 Juta dipandang hanya sebagai menghasilan kelas menengah di New York. Persyaratan saya tentu tidak tinggi. 

Apakah ada seseorang di forum ini yang memiliki penghasilan tahunan $500 ribu? 

Apakah kalian semua sudah menikah?

Apa yang harus saya lakukan untuk menikahi orang kaya seperti Anda? 

Dari semua yang pernah saya kencani, yang terkaya memiliki $250 ribu, dan tampaknya hal tersebut merupakan batas paling tinggi saya. Apabila seseorang ingin pindah ke perumahan elite di barat New York City Garden, $250 ribu tidaklah cukup.

Saya disini ingin mengajukan beberapa pertanyaan:
  1. Dimana biasanya para bujangan kaya berkumpul? (tolong tuliskan nama dan alamat dari bar, restauran, dan gym)
  2. Pada usia grup berapa seharusnya menjadi target saya?
  3. Mengapa kebanyakan istri dari orang kaya tidak terlalu cantik? Saya bertemu dengan beberapa gadis yang jelek dan tidak menarik, namun mampu menikahi pria kaya.
  4. Bagaimana Anda memilih siapa calon istri Anda & siapa yang hanya bisa menjadi pacar Anda? (target saya sekarang adalah menikah)

Ms. Pretty

---------

Dear Ms. Pretty,

Saya sudah membaca post Anda yang cukup menarik ini. Tebak, ada banyak gadis disana yang memiliki pertanyaan yang mirip dengan Anda. Perkenankan saya untuk menganalisa situasi Anda sebagai investor profesional. Pendapatan saya lebih dari $500 ribu, cocok dengan persyaratan Anda, jadi saya berharap semua orang mempercayai bahwa saya tidak membuang waktu di sini.

Dari sudut pandang seorang pebisnis, merupakan keputusan yang jelek untuk menikahi Anda.

Jawabannya sangat sederhana, jadi izinkan saya untuk menjelaskan. Apa yang Anda coba lakukan adalah sebuah pertukaran antara "kecantikan" dan "uang": Orang A menyediakan "kecantikan", dan orang B membayar untuk hal itu, suatu hal yang sangat adil. Namun, ada suatu permasalahan besar disini, kecantikan Anda akan hilang, namun uang saya tidak akan hilang tanpa ada alasan yang jelas. Faktanya, penghasilan saya akan naik dari tahun ke tahun, tapi Anda tidak akan bisa menjadi lebih cantik dari tahun ke tahun. Sehingga dari sudut pandang ekonomi, saya adalah appreciation asset, dan Anda adalah depreciation asset. Bukan hanya depresiasi yang normal, namun depresiasi secara eksponensial. Apabila, kecantikan hanyalah aset Anda, nilai Anda akan sangat mengkhawatirkan 10 tahun mendatang.

Sesuai istilah yang digunakan di Wall Street, setiap trading memiliki posisi, berkencan dengan Anda pun merupakan sebuah "trading position". Apabila nilai dari posisi kami jatuh, kami akan menjualnya dan bukan merupakan posisi yang baik untuk menyimpannya secara long term - hal yang sama berlaku juga seperti pernikahan yang Anda mau. Ini mungkin kejam untuk dikatakan, tapi untuk membuat keputusan yang bijak, aset yang terdepresiasi cukup besar akan dijual atau disewakan. Seseorang dengan penghasilan diatas $500 ribu bukan orang yang bodoh; kami hanya akan berkencan denganmu, tapi tidak akan menikahimu. Saya memberi saran supaya Anda melupakan mencari petunjuk apapun untuk menikahi seorang lelaki kaya. Dan ngomong-ngomong, Anda dapat membuat diri Anda menjadi seorang kaya dengan penghasilan tahunan $500 ribu... Ini akan membuat kesempatan yang lebih besar untuk menemukan orang kaya yang bodoh.

Semoga balasan ini membantu. Apabila Anda tertarik dengan pelayanan persewaan, silahkan hubungi saya.

Tertanda

CEO J.P. Morgan

Post ini diambil dan diterjemahkan dari post @mawan13 di forum www.stockbit.com. @mawan13 merupakan penulis blog hilmawankusumajaya.com.


No comments:

Post a Comment