Sunday, February 2, 2014

Peter Lynch: 10 nasihat dari manajer investasi terbaik di dunia

Hanya segelintir orang mampu menggandakan uang Anda dalam waktu kurang 3 tahun. Namun melakukan hal tersebut secara konsisten selama 13 tahun adalah hal yang menakjubkan!

Perkenalkan, mantan manajer investasi dari Fidelity Magellan Fund, Peter Lynch.


Peter Lynch memulai karirnya sebagai manajer investasi di Fidelity Magellan Fund pada tahun 1977. Pada akhir 1990 di mana Lynch memutuskan untuk berhenti karena alasan supaya lebih dekat dengan keluarganya, dia mencetak rekor pengembalian tahunan sebesar 29.2%. Apabila Anda menanamkan uang $10,000 saat awal Peter Lynch masuk, maka 13 tahun kemudian uang Anda akan menjadi $280,000 atau naik 28 kali lipat! Ketika membandingkan dirinya dengan Warren Buffett, dia berkata:
And Warren Buffett, the greatest investor of them all, looks for the same sorts of opportunities as I do, except that when he finds them, he buys the whole company.
Di artikel kali ini, kita berkesempatan untuk sedikit belajar dari prinsip-prinsip yang Peter Lynch miliki. Berikut ini 10 saran investasi terbaik dari manajer investasi terbaik juga di dunia (dikutip dari website wealthlift):

  1. "Apabila Anda sedang bersiap-siap untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan, Anda harus dapat menjelaskan alasan Anda secara sederhana sehingga bahkan murid kelas lima SD mampu mengerti, dan juga secara cukup cepat sehingga murid kelas lima SD tidak menjadi bosan." - Sebelum membeli saham suatu perusahaan, Anda wajib memahaminya secara penuh. Tes sederhana ini akan membantu untuk meyakinkan Anda bahwa sebenarnya Anda sungguh memiliki alasan yang kuat untuk berinvestasi, selain alasan "karena saham ini akan naik."
  2. "Di balik setiap saham terdapat sebuah perusahaan. Cari tahu apa yang dilakukannya." - Kebanyakan investor melupakan bahwa saham yang sedang mereka perjual-belikan adalah bagian dari suatu perusahaan. Ingatkan diri Anda sendiri secara rutin bahwa perusahaan tersebut memiliki nilai (value) yang terkandung dalam setiap lembar sahamnya, jadi kerjakanlah PR Anda dan pahamilah nilai sebenarnya dari apa yang Anda beli. 
  3. "Memiliki saham layaknya memiliki anak. Jangan memiliki lebih dari yang apa yang dapat Anda urus." - Bahasa lainnya, jangan memakan lebih dari apa yang bisa Anda kunyah. Fokuslah pada beberapa perusahaan yang dapat Anda monitor dan teliti secara rutin. Berinvestasi bukanlah berapa macam saham yang ada dalam portofolio Anda, namun seberapa baik portofolio Anda berkembang.
  4. "Saham bukanlah tiket lotere. Terdapat suatu perusahaan dalam setiap lembar saham." - Sama seperti saran kedua, sangat mudah untuk memperjual-belikan saham sekarang, tinggal buka account Anda, masukan dana, buka OLT Anda, klik disini, klik disana, dan selesai! Anda telah membeli sejumlah saham. Lalu terus bagaimana? Apakah Anda tahu apa yang Anda beli? Apa alasannya?
  5. "Dalam investasi saham, apabila Anda bagus, Anda akan benar 6 dari 10 saham. Anda tidak akan pernah benar 9 dari 10 saham." - Anda tidak dapat mengharapkan kesempurnaan dalam berinvestasi. Bahkan Peter Lynch sekalipun memiliki daftar saham-saham yang "apabila ia dapat memutar ulang waktu, ia tidak akan membelinya."
  6. "Seseorang yang mampu untuk "turn over most rocks" akan memenangkan permainan. Dan ini merupakan filosofi saya." (Catatan: "turn over rocks" merupakan peribahasa yang digunakan untuk menggambarkan ketekunan dan ketelitian arkeolog dalam mencari fosil-fosil dengan membolak-balik sisi dari ribuan batu-batuan. Seseorang yang mau melakukan hal ini berarti orang tersebut mau untuk menemui hal-hal yang menjijikan di mana sisi lain dari batu tersebut dapat berupa kotoran, lumpur, serangga, dan hal-hal aneh lainnya yang muncul) - Berinvestasi merupakan segalanya tentang ketelitian dalam riset Anda. Semakin Anda mengerti perusahaan yang Anda teliti, semakin besar kesempatan Anda untuk sukses.
  7. "Pada saat "booming emas", banyak dari calon penambang baru kehilangan uang, tapi orang-orang yang menjual kepada mereka cangkul, sekop, tenda, maupun celana panjang jins menghasilkan untung yang besar." - Ini merupakan prinsip investasi yang banyak orang-orang lupakan. Apabila Anda mengidentifikasi saham maupun industri yang sedang booming, jangan lupa untuk melihat perusahaan-perusahaan yang melengkapi industri tersebut. Sebagai contoh, ketika Apple Inc. sukses degan IPhone, banyak perusahaan yang menyuplai mereka dengan teknologi dan bahan baku juga menghasilkan uang yang banyak.
  8. "Semua matematika yang Anda butuhkan dalam pasar saham sudah Anda dapatkan saat kelas 4 SD." - Investasi bukan merupakan ilmu teknik penerbangan, dan apabila seandainya hal tersebut benar, maka banyak profesor keuangan yang akan menjadi milyuner (yang sayangnya tidak terjadi di dalam dunia nyata). Metode valuasi Peter Lynch sangat sederhana untuk dihitung (PEG Ratio). Anda hanya memerlukan matematika sederhana untuk mendapatkan rasio-rasio yang Anda butuhkan. Apa yang sebenarnya diperlukan adalah kerja keras dan disiplin untuk melakukan riset Anda.
  9. "Orang yang terlahir alami sebagai investor hanyalah mitos." - Ketika berbicara mengenai investasi, kerja keras dan disiplin tetap merupakan faktor penentu kesuksesan. Berinvestasi di pasar saham merupakan kemampuan yang Anda dapat dan seharusnya pelajari.
  10. "Semakin sederhana, semakin saya suka." - Seperti kebanyakan investor lainnya, Peter Lynch mempercayai kekuatan dari kesederhanaan. Semakin sederhana model bisnis dari suatu perusahaan, semakin mudah untuk dimengerti dan dipelajari - dan akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Tidak ada yang lebih baik daripada mendengarkan pencerahan dan nasihat dari superinvestor seperti Peter Lynch kepada investor biasa seperti Anda dan saya.

Nasihat investasi nomer berapakah yang paling Anda sukai?

No comments:

Post a Comment