Thursday, January 30, 2014

Manifesto Investor (untuk dibaca setiap 1 minggu sekali)


Saya menemukan gambar unik ini ketika browsing pada salah satu blog value investing (www.safalniveshak.com).

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Manifesto berarti pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang atau suatu kelompok. Manifesto Investor dapat diartikan sebagai deklarasi dari investor. 

Ada baiknya kita baca keras-keras manifesto ini di kala pasar lagi super bearish, saat kita mulai gelisah melihat warna merah dimana-mana, maupun saat lagi super bullish, saat kita mulai tergoda untuk berspekulasi. Yuk, baca sama-sama versi Indonesianya (terjemahan versi saya):

  1. SAYA ADALAH SEORANG INVESTOR.
  2. Saya bukan seorang SPEKULATOR.
  3. Saya tidak SEBERANI seperti yang broker saya pikirkan.
  4. Jadi, untuk saya, ini berarti selalu dan akan selalu ada MARGIN OF SAFETY.
  5. KESABARAN adalah kebaikan bagi saya.
  6. Saya menentang KECENDERUNGAN ALAMI manusia untuk bertindak.
  7. Saya tahu ketika saya memiliki KERJA KERAS dan KEJUJURAN, saya akan mendapatkan hampir segalanya di dalam hidup. Tiada bedanya dengan INVESTASI.
  8. Saya fokus MENGHINDARI KERUGIAN lebih daripada mencari keuntungan.
  9. Saya mencoba untuk TIDAK MEMPREDIKSI MASA DEPAN. Namun, saya selalu bersiap-siap akan hal itu.
  10. Saya menghargai SIKLUS PASAR karena saya tahu bahwa ORANG BIJAK berinvestasi di AWAL SIKLUS dan ORANG BODOH berinvestasi di AKHIR SIKLUS.
  11. Saya selalu ingat bahwa TUGAS UTAMA SEORANG INVESTOR adalah tidak menghasilkan banyak uang, namun mengendalikan resiko.
  12. Saya tahu bahwa TIDAK ADA JALAN YANG MULUS. Saat saya merasakan jalan yang mulus, saat itulah saya menempatkan diri dalam resiko yang besar.
  13. Bagi saya, TIDAK ADA CARA INSTAN untuk menjadi KAYA. Untungnya, saya telah jatuh cinta dalam prosesnya dan perjalanannya, bukan pada uangnya.
  14. Sebagai investor, hal yang saya inginkan adalah untuk mengetahui di mana saya akan mati, jadi saya TIDAK AKAN PERGI KE SANA.
  15. Saya sering mengingatkan diri saya sendiri: SAYA ADALAH SEORANG INVESTOR.

1 comment:

  1. this manifesto is must have for value investor, very inspiring

    ReplyDelete