Friday, January 10, 2014

The investment book that (seriously) change my life

Liburan semester adalah sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa seperti saya. Setidaknya saya dapat menenangkan pikiran saya dari dunia riset dan membaca jurnal. Ketika saya pulang ke rumah pada liburan tengah semester tahun lalu, saya menemukan suatu buku yang menarik berjudul,

My Maid Invests In the Stock Market

Dan tebak, pengarangnya adalah Bo Sanchez. Setahu saya Bo Sanchez adalah pengarang buku religius. Saya tahu betul bahwa Bo Sanchez adalah pengarang handal karena saya juga mengkoleksi buku-buku rohani karangan dia sebelumnya. Saya tertarik untuk membacanya. Dan disitulah perjalanan saya dalam dunia bursa saham dimulai.

Buku ini menceritakan bahwa Bo Sanchez mengajari para pembantunya untuk menginvestasikan uangnya di saham. Bo Sanchez membantu para pembantunya untuk mengubah cara pandang mereka tentang kehidupan finansial. Biasanya uang para pembantu habis dikirim ke kampung. Untuk membiayai anaknya yang mau beli HP lah, beli buku lah, sepupunya yang sakit lah, dan banyak hal-hal lainnya. Keluarga di kampung mereka tahu, saat-saat dimana si pembantu tersebut mendapat gaji dan berapa sisa duitnya.

Lebih lanjut lagi Bo Sanchez mengajarkan para pembantu mereka bahwa dengan membeli saham mereka memiliki sebagian kecil dari perusahaan tersebut, meskipun mereka adalah pembantu! 

Bayangkan bahwa pembantu Anda memiliki saham Astra International atau HM Sampoerna di tempat dimana Anda bekerja menjadi manajer. Siapa tahu ketika Anda mempersiapkan ruangan untuk Rapat Umum Pemegang Saham, Anda akan bertemu dengan pembantu Anda yang merupakan shareholder Anda. Sounds cool, right?

Ada beberapa aturan sederhana yang Bo Sanchez ajarkan dan membuka pandangan saya lebih lagi dalam berinvestasi.

Rule #1: Invest small amounts every months for 20 Years or More
Rule #2: Invest even when there is a Crisis
Rule #3: Invest only in Giants
Rule #4: Invest in Many Giants

Buku ini bukanlah merupakan buku yang mengajarkan untuk menjadi kaya dalam waktu cepat. Para pembantu Bo Sanchez tidak akan menjadi multi milyader tahun depan. Atau mungkin 10 tahun dari sekarang. Tapi yang pasti, Bo Sanchez yakin dengan mengikuti aturan-aturan ini, para pembantunya akan pensiun dengan kebebasan finansial.

Ketika saya selesai membaca buku ini, saya berkata dalam diri saya sendiri bahwa saya berinvestasi. Saya tidak tahu apa itu investasi, namun saya mau belajar. Berangkat dari buku inilah saya mulai membaca puluhan (kalau termasuk artikel dan blog, mungkin sudah ratusan) buku-buku investasi sepanjang liburan saya dan beberapa bulan kemudian saya membuka account saham saya untuk pertama kalinya dalam hidup saya.

Saya yakin beberapa puluh tahun ke depan hidup saya akan berbeda. Belum terlambat untuk memulai berinvestasi. Sebab waktu yang terbaik untuk berinvestasi adalah...

Sekarang


Dalam artikel-artikel selanjutnya, saya akan mencoba untuk mereview buku-buku yang sudah saya baca. 


No comments:

Post a Comment