Sunday, January 26, 2014

Sekilas mengenai Event "Seminar Value Investing by Teguh Hidayat" di Surabaya

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 25 Januari 2014, salah satu investor, penulis, dan analis fundamental yang terkenal yaitu Pak Teguh Hidayat, penulis blog Analisa Saham Independen www.teguhhidayat.com, mengadakan seminar yang bertempat di Zodiac Hotel, Jalan Kedungsari 29, Surabaya. Bertemakan: Value Investing for Beginners, Pak Teguh Hidayat mampu membawakan topik menarik seputar dasar-dasar bagaimana cara berinvestasi value investing dengan baik dan benar.



Teguh Hidayat merupakan salah satu penulis dan pengajar dunia saham yang paling saya kagumi dan berpengaruh dalam pembelajaran saya selama ini mengenai Value Investing. Ketika tahun lalu memulai belajar berinvestasi, teman sekaligus mentor saya yang juga kini bersama-sama dalam tim penyusun blog ini, menganjurkan untuk membaca blog yang ditulis oleh Pak Teguh Hidayat ini. Saya terkesan dengan salah satu artikel Pak Teguh Hidayat dan langsung membaca hampir seluruh artikel (sekarang berjumlah lebih dari 300 artikel) mulai dari artikel yang pertama kali ada pada April 2010.

Acara dimulai pada pukul 11.00 WIB. Ketika saya datang 15 menit sebelum acara dimulai, hampir seluruh kursi untuk kapasitas 23 orang sudah terisi penuh. Para peserta tampaknya cukup antusias dengan seminar ini, bahkan ada beberapa orang yang sudah datang berkali-kali ke seminar Teguh Hidayat ini. Dan memang ternyata betul, materi yang disampaikan cukup mudah dimengerti dan me-refresh kembali dasar-dasar dari Value Investing yang sudah saya pelajari sebelumnya.

Pak Teguh Hidayat mengandaikan Value Investing layaknya membeli mobil Kijang Innova keluaran tahun 2012 mulus tanpa cacat yang seharusnya bernilai seharga Rp. 200 Juta dengan harga Rp. 150 Juta, karena si penjual lagi butuh uang. Harga mobil Kijang Innova ini tentunya dipastikan undervalued sehingga ketika kita menjualnya lagi di harga Rp. 200 Juta atau sedikit lebih murah, tentunya, akan laku dalam kondisi pasar normal.

Gantikan mobil dengan saham perusahaan, dan selamat, Anda berinvestasi dengan Value Investing!

As simple as that!

Nyatanya, banyak diantara kita yang malah membeli mobil Kijang Innova tersebut di harga yang overvalued di Rp. 250 Juta entah karena suatu alasan tertentu. Atau bahkan sudah mampu membeli di harga Rp. 150 Juta, namun karena dalam satu hari sekelompok orang menjual di harga Rp. 130 Juta karena suatu alasan tertentu, kita ikut-ikutan cut loss.

Acara diselingi dengan break makan siang pada pukul 12.45 WIB dan coffee break singkat pada pukul 15.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan dicerna, dilengkapi dengan pengalaman-pengalaman Pak Teguh Hidayat dalam berinvestasi di beberapa saham. Meskipun materi yang dibawakan cukup berbobot, namun seminar ini jauh dari unsur ketegangan maupun kebosanan ditandai dengan banyaknya interaksi dan proses tanya-jawab dari para peserta.

Saya tidak mau mendahului Pak Teguh Hidayat dalam membahas detil isi dari seminar ini. Namun saya dapat pastikan bahwa materi yang dibawakan sesuai dengan kisi-kisi yang sudah diumumkan sebelumnya dalam blog.
  1. Sejarah, pengertian, serta konsep dasar dari value investing, yang diekstrak dari buku The Intelligent Investor dan Security Analisis karya Ben Graham, dan juga beberapa literatur lainnya.
  2. Alasan-alasan serta logika mendasar mengapa investor-investor besar seperti Warren Buffett, Joel Greenblatt, Carlos Slim Helu, Seth Klarman, Lo Kheng Hong, dan masih banyak lagi, semuanya tanpa terkecuali merupakan value investor, serta alasan mengapa anda pun bisa seperti mereka.
  3. Cara-cara serta tips untuk menentukan value/nilai sesungguhnya dari sebuah saham, sehingga kemudian kita bisa mengetahui apakah harga saham tersebut terbilang murah, wajar, atau mahal.
  4. Beberapa contoh saham di Indonesia yang berstatus undervalue alias murah
  5. Tips-tips untuk trading saham jangka pendek menggunakan pendekatan value, dan
  6. Share pengalaman berinvestasi, baik pengalaman penulis sendiri maupun pengalaman dari kawan-kawan value investor lainnya yang pernah diceritakan ke penulis.






Akhir kata, semoga seminar ini tetap terus diadakan karena pastinya sangat bermanfaat bagi para investor yang mau memulai belajar berinvestasi.

Semoga sukses dalam berkarya dan berinvestasi, Pak Teguh Hidayat!

NB: Mohon maaf untuk kualitas foto yang kurang bagus.

No comments:

Post a Comment